Sasono Langen Budoyo

Di belakang Pendopo Agung Sasono Utomo terdapat ruang teater tertutup seluas -/+ 1.200 m persegi, disebut Sasono Langen Budoyo, dilengkapi panggung pertunjukan permanen seluas 9 x 11 meter dengan tata cahaya, tata suara, dan kelengkapan tata panggung standar teater modern. Bangunan ini tidak dapat dipisahkan dari Pendopo Agung Sasono Utomo.

Kapasitas tempat duduknya -/+ 800 buah dan dapat ditambah kursi sampai 1.000 buah mengelilingi panggung dengan pemandangan dari tiap sudut menuju ke pentas.Sejak tahun 1982 ratusan garapan tari yang bersumber pada tradisi dipentaskan, baik pada acara paket khusus maupun Festival Tari Nusantara. Sedratari Ramayana, ketoprak Gobyog Campursari serta opera keong emas dan timun emas pernah memeriahkan panggung ini.

Selain untuk pementasan, Sasono Langen Budoyo jug adapat digunakan untuk acara konvensi seperti seminar, wisuda, dan upacara adat semisal ruwatan, acara ulang tahun perusahaan, atau siaran langsung televisi. Teater ini juga dilengkapi ruang VIP, ruang ganti pakaian bagi pemain, ruang tunggu artis, serta ruang mekanik tata suara dan lampu.

Copyrights 2016, Taman Mini "indonesia indah" All Rights Reserved.