Istana Anak Anak Indonesia



Istana anak-anak Indonesia (IAAI) Adalah bangunan berbentuk istana mirip dalam sebuah dongeng Cinderella.Istana ini dapat menjadi tempat belajar dan bermain bagi anak-anak.Bangunan utama istana dinamai Graha Widya Tama, terdiri atas empat lantai dengan ruang terbuka di lantai dua.Bangunan ini memiliki dua sayap dan menara menjulang tinggi ke angkasa, lambing kebersamaan anak laki-laki dan anak perempuan dalam menggapai prestasi setinggi langit. Prasasti peresmian gedung ini di tanda tangani oleh Presiden Soeharto tanggal 20 April 1986. Di dalam ruang ini disajikan pameran wayang dan peragaan aneka permainan tradisional anak.





Pembangunan IAAI dilandasi pemikiran bahwa pendidikan anak untuk menyongsong hari depan sangat penting sama pentingnya bahwa anak-anak juga perlu bermain. Oleh karena itu istana ini dilengkapi sarana belajar, antara lain : Alat peraga ilmu pengetahuan dan Teknologi, Alat musik diantonik dan pentatonik, medan permainan sehat dan mendidik, dan alat peraga lain yang menumbuhkan keinginan untuk tahu lebih banyak. Disini tersedia program yang diselenggarakan secara tetap maupun berkala untuk memperluas wawasan dan keterampilan anak-anak, meliputi permainan, kesenian, ilmu dan kegiatan lain. Bagi anak-anak yang berminat untuk mendalami seni tari, musik, gamelan dan pedalangan dapat mengikuti kegiatan pendidikan dan latihan (diklat) seni.Untuk kegiatan tersedia panggung kancil berbentuk bulat dilengkapi panggung terbuka yang dapat menampung 1000 orang penonton.



Untuk permainan dan rekreasi disediakan telpon cerita, gua sigura-gura, kincir, giring ombak, roda tamasya, dan kereta api kelinci, sedang dihalaman belakang terdapat air terjun buatan, kolam renang sendang sejodo, serta hutan buatan. Dipamerkan pula kerajinan hasil kreatifitas anak-anak Indonesia, seperti lukisan dan foto-foto kegiatan anak-anak.



Dihalaman depan disediakan sarana bermain sehat, misalnya rumah bola, kolam renang, telpon cerita dan kereta api kelinci, sedang dihalaman belakang terdapat air terjun buatan, kolam renang sendang sejodo, serta hutan buatan. Di dalam istana anak-anak dapat bebas bermain secara sendiri-sendiri atau dalam rombongan yang dipimpin oleh pengasuh dari sekolah atau kelompok bermain.